Para Peserta Di Pantai Ujung Genteng


Merdeka adalah terlepas dari belenggu. Merdeka adalah berdiri sendiri. Merdeka adalah dia yang mampu bertahan meski badai datang tanpa ruang.

Kemarin tepatnya tanggal 15-17 Agustus 2016 beberapa komunitas yang tergabung dalam KOMPASER (Komando Pecinta Alam Semesta Raya) mengadakan susur pantai dan pengibaran sang saka Merah Putih di Batu Keris kawasan Geopark Ciletuh. 


Kegiatan pertama dilakukan dari tanggal 15 Agustus 2016 Para peserta susur pantai yang di komandoi oleh guide Geowisata berkumpul di salah satu cafe yang berlokasi di Surade tepatnya di Lets Coffe. Sekitar pukul 14.00 WIB para peserta mulai meninggalkan posisi awal menuju Pantai Ujung genteng. 
Pagi sekitar pukul 09.00 WIB tanggal 16 Agustus 2016 perjalanan susur pantai dan hutan dimulai. Antusiasme dari para peserta susur pantai yang diadakan untuk yang kedua kali ini sangat tinggi. Gelak tawa dan nyanyi-nyanyi kecil sepanjang jalanpun terdengar. Serta deburan ombak menggema dalam dada. Seperti para pejuang dulu yang bertahan tanpa henti untuk mencapai titik kemerdekaan.
Lokasi perkemahan ditempatkan di Cibanteng, sekitar pukul 15.00 WIB para peserta sudah tiba di lokasi ngecamp. Sebagian sudah ada yang memasang tenda dan sebagian yang masih asyik berfoto dan beristirahat sambil menikmati sunset yang disuguhkan alam. 
Susur Pantai

Keseruan Para Peserta

salah satu peserta yang melepas lelah sambil menikmati Sunset
Malamnya digunakan dengan berdiskusi. Pak Beni Bunyamin selaku ketua dari susur pantai tahun ini memberikan komentarnya terhadap acara ini. Admin Ujung Genteng Tourism diberikan kesempatan untuk mewawancarai beliau.
“jadi untuk acara kibar bendera ini kita mengadakan konsep baru” tutur pak Beni Bunyamin.
Pak Beni Bunyamin merencakan untuk mengadakan acara susur pantai dan pengibaran bendera setiap tahun di wilayah Pantai Ujung Genteng. Acara susur pantai ini bukan hanya untuk kegiatan wisata semata, namun lengkapnya pak Beni menginginkan dari acara ini timbul rasa Nasionalisme dari para peserta. Menguji mental serta kekuatan dan menghargai para pejuang terdahulunya. Malam ditutup indah dengan api unggun. Esok akan tiba, para peserta beristirahat untuk melakukan perjalanan susur pantai dan pengibaran sang saka Merah Putih.
17 Agustus 2016. Pagi sekitar pukul 06.00 para peserta sudah bersiap dan melanjutkan penyusuran pantai. Lokasi pengibaran Bendera sang saka Merah Putih di tepatkan di Pulai Batu keris.
Kenapa harus di Pulai Batu Keris?  Filosofinya adalah jarak tempuh susur pantai dari Pantai Ujung genteng ke Pulau Keris kurang lebih 17 KM dan yang spesial lainnya dari acara susur pantai ini dilakukan diatas batuan lava bantal. Batu tersebut awalnya merupakan lava cair bersuhu tinggi hasil erupsi gunung api yang membeku cepat karena air, hingga membentuk gumpalan menyerupai bantal.
Point kedua, Batuan ini hanya bisa ditemui di beberapa tempat di bagian selatan Jawa. Selain di Berbah, temuan serupa bisa diperoleh di Bayat Klaten, Pacitan di Jawa Timur, dan Ujung Genteng di  Provinsi Jawa Barat.

Serta point ke tiga yang tak kalah spesial. Menurut para ahli bebatuan, gunung api purba dulu berada di bawah laut. Jadi awalnya merupakan dasar laut dan lava bantal berfungsi sebagai penopangnya.
Acara pengibaran Bendera Merah Putih dan detik-detik Proklamasi dimulai pukul 09.30 hingga 11.30 WIB. Suasana khidmat para peserta menambah kecintaan bukan hanya cinta kepada alamnya saja tapi terlebih cinta kepada tanah air Indonesia Raya.

Acara penutupan dilakukan pukul 13.00 WIB siang. para peserta meninggalkan Pulau Batu keris menuju Batu Masigit.

Bagikan ke teman kamu:
newest oldest most voted
Notify of
Unknown
Guest

photo si aku nyah gak ada

Aris Munandar
Guest

Rasa nasionalisme urang jampang surade ujung genteng hebat .., bangga pisan. Mudah2an suatu saat bisa ikut gabung

Giew 7622
Guest

Semakin mencintai alam dan tanah air nya..semoga tahun depan dapat berpartisipasi.

Pria Ramadani
Guest

Dan semoga tahun depan tidak tergolong suami takut istri ?????

Pria Ramadani
Guest

Mudaha2 tahun depan tiasa sasarengan pk, hatur nuhun tos mampir d web UGTourism